Data dan Informasi

 Apa itu data?



Data merupakan catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Secara konseptual data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung pada pemakai.

Menurut berbagai sumber lain, data dapat didefinisikan sebagai berikut:

Menurut kamus bahasa Inggris-Indonesia, data berasal dari kata datum yang berarti fakta.

Dari sudut pandang bisnis, data bisnis adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu (resources) dan kejadian (transactions) yang terjadi.

Pengertian yang lain menyebutkan bahwa data adalah deskripsi dari suatu kejadian yang dihadapi.

Data seringkali disebut sebagai bahan mentah informasi.

    - Data bisa berupa angka & huruf

    - Data nama mahasiswa

    - Data nilai mahasiswa

    - Data penjualan

    - Data harga

Apa itu informasi?



Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (semisal dari Microsoft Excel) sering kali digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan bentuk informasi, sementara angka-angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga menjadi punya makna dan manfaat. 

Contoh: 

    - Informasi cuaca

    - Informasi penjualan

    - Informasi akademik

    - informasi khs

Informasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Benar atau salah, dalam hal ini informasi berhubungan dengan kebenaran atau kesalahan terhadap kenyataan.

b. Baru, informasi harus benar-benar baru bagi si penerima.

c. Tambahan, informasi dapat pemperbarui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.

d. Korektif, informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.

e. Penegas, informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

Apa itu database?


Database adalah adalah kumpulan data yang terorganisir, yang umumnya disimpan dan diakses secara elektronik dari suatu sistem komputer. Pada saat pangkalan data menjadi semakin kompleks, maka pangkalan data dikembangkan menggunakan teknik perancangan dan pemodelan secara formal. Data dalam sistem informasi dikumpulkan dalam suatu sebuah tempat yaitu database.

Konsep dasar dari database adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema

Contoh Database:

    1. MySQL


MySQL adalah database yang populer digunakan untuk keperluan website mulai dari untuk pemakaian pribadi hingga level perusahaan. MySQL support dengan berbagai bahasa pemrograman sehingga menjadikan banyak digunakan oleh para developer website. Selain itu MySQL juga gratis digunakan tidak perlu lisensi untuk menggunakannya

    2. Microsoft Acces


Microsoft Access adalah database computer relasional yang digunakan untuk merancang database dan mengolah berbagai jenis database. MS Access lebih menyasar pada pengunaan database untuk kelangan rumahan dan perusahaan skala kecil sampai menengah untuk pengolahan database. Aplikasi MS Access ini masuk sepaket dalam Microsoft Office.

    3. Oracle

Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). 
Oracle merupakan database yang lisensinya berbayar





No comments:

Powered by Blogger.